Selasa, 24 Juli 2018



                                      8 Hal Keunikan dari Lamongan

Kabupaten Lamongan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Ibu kotanya adalah Lamongan. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan terletak 50 km sebelah barat Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Apa sih yang menarik dari kota Lamongan?  Lamongan bukan hanya menyediakan soto Lamongan saja kok, di Lamongan kalian bisa berwisata kuliner, wahana sampai wisata religi!

1. Nasi Boranan


Untuk menikmati sego boran, kamu bisa jalan-jalan di waktu pagi atau sore hari di jalan-jalan kota Lamongan , karena kuliner ini hanya bisa di jumpai pada waktu-waktu tersebut.
Yang menarik dari penjual-penjual sego boran adalah mereka menjualnya di atas trotoar-trotoar di sepanjang jalan Lamongan dengan cara duduk dan menggelar tikar. Sederhana sekali bukan? Para penjual sengaja tidak menjualnya di warung-warung karena cara menjual ini seperti sudah turun-temurun. 

 2. Di Lamongan kamu bisa puas bermain-main di Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Pantai Tanjung Kodok!



WBL adalah obyek wisata perpaduan antara wisata bahari dan permainan, dan setiap tahunnya setidaknya ada tiga wahana baru yang tersedia. Wahana-wahana permainannya pun tak kalah seru dengan Dufan. Mulai dari wahana permainan yang santai hingga memacu adrenalin pun semua tersedia di WBL. WBL berpoperasi setiap hari dan buka mula dari pukul 08.30 – 16.30 WIB.

3. Di Lamongan kamu bisa jalan-jalan di kebun binatang yang sekaligus ada goa cantiknya, yaitu MAZOLA!

Tidak jauh dari WBL, kamu bisa mengunjungi MAZOLA (Maharani Zoo and Goa Lamongan), wisata kebun binatang yang juga terdapat goa yang indah didalamnya yaitu Goa Maharani.

Di sini, kamu bisa berkeliling melihat puluhan aneka satwa hidup yang didatangkan langsung dari habitatnya, ada satwa asli Indonesia dan juga ada yang berasal dari mancanegara. Selain satwa yang masih hidup, kamu juga bisa melihat satwa-satwa yang telah mati dan sudah diawetkan.


4. Tak hanya wisata permainan saja, tapi juga ada wisata religi Sunan Drajat!


Sunan Drajat sendiri adalah salah satu dari wali songo, yakni pemuka agama Islam yang telah berdakwah dan menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Di kawasan wisata religi ini banyak sekali para peziarah yang datang untuk berdo’a, bahkan kawasan wisata religi ini tidak pernah sepi pengunjung walaupun saat tengah malam sekalipun.

5. Monumen tenggelamnya Kapal Van Der Wijk tak boleh kamu lewatkan!



“Bunuhlah Hayati di rawa-rawa abang”
Kata-kata itu pastilah tak asing bagi penikmat film Indonesia. Yup! Kata-kata itu adalah percakapan tokoh Hayati kepada lawan mainnya dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, dimana film ini menceritakan tentang kisah cinta Hayati, Aziz dan Zainuddin. Film ini di adaptasi dari novel karangan penulis kondang, Hamka.

6. Wingko Babat!




Siapa yang tak kenal wingko babat, jajanan tradisional Indonesia ini sangat terkenal dan enak. Wingko babat ini terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya ini memang sangat terkenal di kota Semarang, tapi siapa sangka kalau wingko babat ini berasal dari Kecamatan Babat, Lamongan lho!

7. Gunung Pegat!



Bukit ini mempunyai cerita misteri. Konon katanya jika ada pasangan yang akan melangsungkan sebuah pernikahan, mereka dilarang untuk melewati bukit ini, karena bisa mengakibatkan putusnya hubungan mereka. Jika terpaksa melewatinya, maka mereka harus membuang ayam di kawasan tersebut. Walaupun terdapat misteri yang menyelimuti kawasan ini, tidak membuat para pengunjung kehilangan minat untuk menilik keindahan Gunung Pegat ini.

8. Waduk Gondang!



Waduk Gondang, terletak 19 km arah barat Kota Lamongan, tepatnya di Desa Gondang Lor. Waduk atau bendungan ini telah diresmikan pada tahun 1987 oleh Presiden Soeharto. Selain dijadikan sebagai sarana penampungan air bagi ribuan hektar sawah di Lamongan, Waduk Gondang, juga menjadi tempat favourit untuk wisata air bagi keluarga dan wisatawan yang berkunjung.

  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

                                      8 Hal Keunikan dari Lamongan Kabupaten Lamongan adalah sebuah  kabupaten  di  Provinsi   Jawa...